JaWAra dan Relawan TIK Pasuruan Sapa SANTRI, di Pondok Pesantren Walisongo

JaWAra Internet Sehat salah satu komunitas Makin Cakap Digital yang tergabung dari 100 pemuda  terpilih se-Indonesia yang pada tahun 2022 ini diresmikan langsung oleh Indiyanto Banyumurti (Direktur Eksekutif ICT Watch), Esther Samboh (Manajer Kebijakan Publik WhastApp Indonesia), Samuel A.Pangerapan (Dirjen Aptika Kemkominfo) dan tokoh lainnya pada Senin, (12/09).

Seluruh pemuda jaWAra Intenet Sehat giat aksi kampanye Makin Cakap Digital dan Berteman Aman dengan berbagai macam kreatifitas dan kebutuhannya. Salah satu jaWAra Internet Sehat dari Provinsi Jawa Timur Riska Amelia gelar aksi jaWAra sapa SANTRI yang dimulai pada Minggu, (25/09) di Pondok Pesantren Walisongo, Pasuruan.

Sebanyak 120 Santri Ponoes Walisongos antusisa mengikuti edukasi Makin Cakap Digital oleh Riska Amelia (Digital Skill) dan Nafilah Rodliyah (Digital Safety) selaku pengurus RTIK Kab.Pasuruan. Penyampaian edukasi ini menmabah pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi santri. Menurut Riska SANTRI memiliki arti akronim tersendiri yakni “Sadar mulai ber-Internet Sehat” dengan tujuan bahwa santri-santri masa kini tetap up to date dan bisa menggunakan media atau digital secara bijak, benar dan bermanfaat.

“Pasuruan ini terkenal dengan kota santri, sangat banyak sekali pesantrennya yang mayoritas tidak bole membawa barang elektronik, sehingga santri harus ke warnet (warung internet) asrama dulu untuk bisa melihat informasi di dunia digital yang berarti bisa log in akun gmail di PC manapun” jelas Riska , menjelaskan salah satu latar belakang kenapa memilih target santri.

“yang mana dari itu bisa sangat berbahaya jika tidak diberi edukasi dan informasi yang tepat, rawan menjadi target phising dan scamming pada keamanan data atau hoax yang tersebar”imbuhnya.

Pemahaman tentang bahaya digital, hoax, phising, scamming dan lain sebagainya. Menjadi fokus tersendiri yang disampaikan kepada santri agar lebih hati-hati, waspada dan ber-etika. Acara ini ditutup dengan gift QnA yang semakin menambah antusias santri untuk bertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *