berita

Training Of Trainer Relawan TIK se-Jawa Timur, di Haidiri Langsung oleh Perwakilan Kementrian KOMINFO RI

Relawan TIK Provinsi Jawa Timur gelar Training Of Trainer (TOT) kesekian kalinya. Setelah sebelumnya melaksanakan TOT di Situbondo, TOT pada Tahun 2022 ini digelar langsung di Surabaya tepatnya di Asrama Haji Sukolilo yang berlangsung selama empat hari, 26 hingga 29 Desember 2022.

TOT pada tahun 2022 ini menjadi spesial dan berbeda dari tahun sebelumnya, pasalnya banyak tamu kehormatan dan juga antusias regenarasi muda Relawan TIK se-Jawa Timur yang turut hadir. Sebanyak 120 peserta perwakilan Relawan TIK Jawa Timur yang didominasi anak muda, menjadi kesan energik dalam setiap kegiatannya. Adapun daftar tamu undangan yang hadir pada saat pembukaan TOT ini, Bambang Tri Santoso (Kordinator Literasi Digital Sektor Pendidikan Kementrian Kominfo RI), Bagus Winarko (BPSDMP Kementrian Kominfo Surabaya), Dendy Eka Puspawadi (Dinas Kominfo Jawa Timur), AKBP Yanuar Herlambang (Kasubdit Multimedia Humas Polda Jatim), Yudho Giri Sucahyo (Ketua Pandi), Fri Medistya Anke Priyono (Politeknik NSC Surabaya).

Dalam penyampainnya Bapak Bambang Tri Santoso selaku Kordinator Literasi Digital Sektor Pendidikan Kementrian Kominfo RI mengaku bahwa sektor pilar-pilar Literasi Digital sangat penting khusunya dalam sektor Pendidikan. Bahwa Kementrian KOMINFO RI akan mengguide Kemendikbud untuk berkolaborasi dalam program Literasi Digital pada pelajar dan mahasiswa.

Dalam pelaksanaannya dengan berbagai macam inovasi program, Relawan TIK sudah menyasar edukasi dan sosialisasi ke sekolah-sekolah serta perguruan tinggi. “Kami sangat berterimakasih dan bangga mempunyai kawan-kawan Relawan TIK yang luar biasa. Tanpa pamrih berjuang dan berbagi untuk adek-adek smua telah menyasar anak sekolah dari tingkat SD, sehingga semakin banyak anak muda yang mulai sadar dan tertarik untuk kampanye program Literasi Digital” ungkap Bapak Bambang pada sambutannya.

Selain itu, acara pembukaan ini juga sebagai ajang anugerah penyerahan awarding Relawan TIK, diantanya : Kategori Program Inovatif dan Informatif (Blitar, Jember, Sidoarjo), Kategori Organisasi dan SDM Management (Bojonegoro, Surabaya, Magetan), Kategori Lliterasi digital terbaik (Pamekasan, Situbondo, Tulungagung), Relawan TIK Terbaik (Anisatul Hasanah RTIK Pamekasan).

Rangkaian acar TOT ini juga menghadirkan banyak pemateri yang luar biasa dan berkesan dari beberapa mitra dan stakeholder. Tepat pukul 19.00 WIB acara hari pertama TOT sukses digelar.