Agenda RTIK Pasuruan Awal Pekan September 2018

Era industri 4.0 sudah di depan mata kita, kreatifitas dan inovasi sangat berperan pada era ini. Salah satu peran penting yaitu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK sangat akrab bahkan erat dengan Generasi Milenial. Oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk memperoleh sosialisasi dan pendampingan agar mereka bisa memanfaatkan TIK secara cerdas, kreatif dan produktif. Salah satu program Relawan TIK Pasuruan untuk mendukung itu yaitu melakukan sosialisasi Internet Sehat dengan tema utama “Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital”.

Generasi Milenial sangat akrab dengan gadget (gawai) beserta aplikasi yang terpasang di dalamnya. Maka perlu diadakan sosialisasi bagaimana memanfaatkan gawai secara sehat dan bijaksana. Lebih dalam lagi mereka harus cerdas memanfaatkan fitur gawai yang di dalamnya ada aplikasi media sosial. Maraknya kasus hate speech (ujaran keebencian), informasi hoax dan pelanggaran privasi harus kita cegah sejak dini yang penyebarannya kebanyakan dari media sosial. Pengguna media sosial kebanyakan generasi milenial yang rata-rata berstatus pelajar.

Maka lembaga pendidikan perlu ikut andil mengarahkan para pelajar supaya cerdas memanfaatkan media sosial. Mereka juga harus kreatif memanfaatkan TIK untuk menyongsong era saat ini. Mereka juga harus produktif membuat konten-konten positif menjaga lingkungan media sosial lebih sejuk dan damai agar terhindar dari pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Mari bersama Relawan TIK Pasuruan, kita ciptakan masyarakat informasi yang cerdas, kreatif daan produktif dalam memanfaatkan TIK.

Terima kasih atas dukungan dari Kemkominfo, ICT Watch, SiBerkreasi dan Relawan TIK Indonesia. Semoga kita senantiasa bisa terus mengembangkan gerakan literasi digital di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *