Agenda RTIK Pasuruan Pekan Ini – Menjawab Tantangan UMKM Menyongsong Era Industri 4.0

Usaha mikro,  kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM. Buktinya, UMKM bersama dengan Koperasi memiliki wadah secara khusus di bawah Kementerian Koperasi dan UKM.

Perhatian tinggi yang diberikan kepada para pelaku UMKM tersebut tidak lain sebagai wujud pemerintah dalam menyangga ekonomi rakyat kecil. Apalagi, UMKM mampu memberikan dampak secara langsung terhadap kehidupan masyarakat di sektor bawah.

Di dunia digital ini, era keterbukaan dimana persaingan sudah sangat terbuka. Untuk itu pelaku UMKM perlu punya kemampuan untuk mengakses dan memanfaatkan digitalisasi sehingga ke depan mereka bisa bersaing sehat untuk mendapatkan profit bahkan meningkatkannya untuk kesejahteraan hidup khusunya di era industri 4.0 yang akan dihadapi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami oleh pelaku UMKM di era digital ini antara lain, 1) tantangan UMKM menyongsong era industri 4.0, 2) peluang UMKM di era digital, 3) UMKM Siap Online 2020, 4) peluang media sosial, marketplace, dan website bagi UMKM.

Kami Relawan TIK Pasuruan, siap bersinergi dengan pelaku UMKM untuk memberikan pemahaman tentang empat hal yang harus dipahami oleh pelaku UMKM serta menjawab tantangan era keterbukaan di era industri 4.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *