Cegah Dampak Negatif Internet, Puluhan Siswa SMP Ar Roudhoh Beji Ikuti Sosialisasi Internet Sehat.

Tidak seluruh isi di Internet dapat bermanfaat bagi kita. Beberapa isinya bahkan cenderung merugikan kita, anak-anak dan murid. Materi yang merugikan tersebut terdapat di situs-situs negatif, misalnya berita hoax, ujaran kebencian, pornografi, cyberbullying, penipuan online, kekerasan dan perjudian. Di Internet dapat pula terjadi pelanggaran privasi, perendahan martabat dan pelecehan seksual ringan maupun berat.

Untuk memberikan informasi tentang dampak negatif dari internet, hari ini Sabtu tanggal 08 September 2018, kami Relawan TIK Pasuruan memberikan sosialisasi internet sehat dengan tema “Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital” bagi siswa-siswi kelas IX SMP Ar Roudhoh Beji di Jl. Sobo Desa Wonokoyo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan dengan peserta berkisar 60 siswa. Acara sosialisasi tersebut di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah SMP Ar Roudhoh Beji Bapak Mahmud, S.Ag

Dalam sambutannya, Bapak Mahmud, S.Ag memaparkan sedikit kecemasan dampak negatif internet yang sangat mudah di akses oleh semua kalangan khusunya pelajar. Kecemasan tersebut dialokasikan pada tata tertib sekolah bagi semua siswa yang membawa handphone harus dititipkan ke pihak sekolah selama proses pembelajaran berlangsung. Beliau juga menambahkan dalam sambutannya menaruh harapan besar setelah sosialisasi ini para siswa mampu dan sadar akan pentingnya prilaku berinternet sehat agar terhindar dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan termasuk prilaku status siswa di akun sosial media yang mengandung unsur ujaran kebencian.

Di akhir sambutannya, beliau mengucapan terima kasih kepada Relawan TIK Pasuruan yang sudi memberikan pengetahuan mengenai cara berinternet sehat yang dirasa sangat penting bagi anak-anak. “Internet sehat materi yg jarang ada di sekolah. Usia pelajar adalah usia gencar-gencarnya memakai sosmed dan dengan internet kita bisa mudah mencari informasi. Saat ini eranya semua sudah pegang HP, sudah seharusnya mulai dini sejak sekolah dikenalkan dengan teknologi.

Para siswa sangat antosias mengikuti sosialisasi tersebut. Apalagi kolaborasi pemateri antara Kak Bahruddin (Ketua Relawan TIK Pasuruan) dan Kak Shela (Pengurus RTIK Bojonegoro) yang membuat suasana sosialisasi menjadi hidup dan menyenangkan.

Tidak kalah dari itu, materi yang disampaikan sangatlah erat dengan kehidupan prilaku siswa yang mayoriyas setiap hari bergelut dengan dunia internet dalam hal ini bersosial media. Dampak negatif media sosial bagi pelajar yakni adanya keterbukaan informasi yang ada dalam media sosial tersebut, sebut saja dalam facebook ada begitu banyak informasi yang sejatinya belum layak untuk di komsumsi oleh pelajar namun karena tidak filterisasi jadi siapapun bisa melihatnya. Apalagi dalam berstatus di media sosial banyak dikalangan pelajar tidak sadar apa yang ditulis di media sosial mengandung unsur hoax dan ujaran kebencian. Sehingga perlu diberikan pemahaman tentang UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan contoh-contoh kasus yang sudah terjadi akibat pelangaran UU ITE dan konsekuensi sanksi yang harus diterima.

Di Akhir sesi, Relawan TIK Pasuruan mengajak seluruh siswa peserta sosialisasi untuk mengkampanyekan Anti Hoax dan Ujaran Kebencian serta ditutup dengan jargon SMP Ar Roudhoh Wonokoyo Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan.

Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan, Kepala Sekolah dan dewan Guru SMP Ar Roudhoh yang telah memberikan kepercayaan kepada Relawan TIK Pasuruan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswinya tentang pentingnya penggunaan TIK yang benar dan berinternet yang sehat. Serta ucapan terima kasih kepada pimpinan ICT Watch dan SiBerkreasi yang telah memberikan dukungan sehingga acara Sosialisasi Internet Sehat berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan ke depan bisa terus bersinergi sehingga mampu ciptakan masyarakat informasi yang cerdas, kreatif daan produktif dalam memanfaatkan TIK dan Internet.

4 tanggapan untuk “Cegah Dampak Negatif Internet, Puluhan Siswa SMP Ar Roudhoh Beji Ikuti Sosialisasi Internet Sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *