Demi Wujudkan Desa Cantik, Pemdes Dayurejo Gandeng RTIK

RTIKPASURUAN.OR.ID, Dayurejo – Dalam rangka menyambut Desa Cantik (Cinta Statistik) Pemdes Dayurejo Kecamatan Prigen gandeng Relawan TIK Pasuruan gelar Pelatihan Pemanfaatan TIK Menuju Desa Digital yang bertempat di Balai Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Senin (13/12)

Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Kasie PMD Kecamatan Prigen, Kepala Desa Dayurejo beserta perangkat, Ketua BPD dan anggota serta seluruh staff dan operator Desa Dayurejo.

Kepala Desa Dayurejo Wahono SPW dalam sambutannya berharap atas stimulus dari pelatihan ini nantinya dapat menjadi pengantar dan pengetahuan bagi pemerintah desa untuk bersiap-siap menyambut program dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pasuruan yang menunjuk desa Dayurejo untuk didampingi sebagai Desa Cantik (Cinta Statistik).

“Saya sangat berharap kegiatan hari ini dapat menstimulus Pemerintah Desa Dayurejo untuk bersiap penyambut program yang telah dipercayakan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasuruan yakni Desa Cantik (Cinta Statistik). Dan yang masih berjalan juga program dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pasuruan yakni Desa Bersinar (Bersih dari Narkotika). Dua program yang dipercayakan kepada Desa kita ini tentu tidak mudah harus didukung oleh semua unsur pemerintahan desa yang nantinya secara bangga akan menjadi tagline desa Dayurejo Cantik dan Bersinar”. Sambut Wahono.

Sementara itu Ketua BPD Dayurejo Bahruddin memaparkan bahwa di Era perkembangan teknologi informasi (TI) memberikan tantangan dalam pembangunan ekonomi desa. Desa dituntut harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital.

“Era perkembangan teknologi informasi (TI) memberikan tantangan dalam pembangunan ekonomi desa. Desa dituntut harus mampu beradaptasi mengikuti kemajuan teknologi dengan mengurangi kesenjangan digital melalui pengembangan desa digital. Tentu ini tidaklah mudah untuk mencapai predikat desa digital harus didukung dengan infrastruktur yang memadai. Tapi kami optimis desa Dayurejo ini dengan berangkat dari mimpi yang besar dapat mencapai semua keinginan dengan syarat semua unsur pemerintahan baik Kepala Desa, BPD, semua perangkat dan LKD dapat bersinergi untuk bersama-sama membangun desa kita tercinta ini”. Tegas Bahru

Senada dengan hal itu Muhammad Imron Rosadi, S.Kom M.Kom Ketua Relawan TIK Pasuruan yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini menjelaskan bahwa pengembangan desa digital ini dapat mendorong kemajuan semua bidang di desa seperti pendidikan, perekonomian, wisata serta pelayanan terhadap masyarakat. Di bidang pendidikan, teknologi digital ini dapat dimanfaatkan dalam proses belajar mengajar, sehingga para guru dan siswa menjadi SDM yang kompeten dan maju. Desa digital ini juga dapat mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mempromosikan produk-produk lokalnya menggunakan saluran e-commerce atau market place. Begitu juga dengan pariwisata, dengan desa digital diharapkan potensi wisata akan lebih mudah dikenalkan kepada masyarakat luas. Pada gilirannya kesejahteraan masyarakat akan meningkat melalui inovasi digital. Dengan desa digital, juga diharapkan semua pelayanan informasi dan kependudukan akan dapat dilayani dengan mudah.

Untuk mendukung Desa digital ini perlu adanya sarana dan prasarana yang memadai, seperti jaringan internet di desa, SDM Pengelola desa digital, serta dukungan aktif dari Pemerintah Desa, Kecamatan hingga Kabupaten.

Kak Bro

Ketua RTIK Pasuruan, Head Master, Public Speaker, Master Of Ceremony. Trainer Outdoor And Indoor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *