DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP 2019

Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka pendaftaran bagi calon penerima 25.000 beasiswa program pendidikan tanpa gelar Digital Talent Scholarship 2019 (DTS 2019). Beasiswa itu ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Program Digital Talent Scholarship ditujukan untuk menyediakan talenta yang dibutuhkan dalam Revolusi Industri 4.0 dimana Peserta program akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan yang dikemas dalam empat akademi. Setiap akademi memiliki kriteria tertentu bagi pesertanya, diantaranya :

  1. Vocational School Graduate Academy (VSGA). Merupakan program beasiswa pelatihan intensif untuk lulusan SMK yang belum memiliki pekerjaan tetap. Program ini juga menyediakan materi kewirausahaan digital dan professional skill development bagi seluruh peserta. Khusus dalam bidang Junior Network Administrator, Junior Graphic Designer, Junior Web Developer, Junior Mobile Programmer, dan Intermediate Animator.
  1. Fresh Graduate Academy (FGA). Merupakan program beasiswa pelatihan intensif untuk lulusan D3,D4,S1 bidang TIK dan  IPA yang belum memiliki pekerjaan tetap. Program ini juga menyediakan materi  kewirausahaan digital dan professional skill development bagi seluruh peserta. Program ini terbuka bagi penyandang disabilitas. Di kelas ini para peserta akan dibekali Cybersecurity (Cisco), Artificial Intelligence (AWS), Big Data Analytics (AWS), Cloud Computing (AWS), Internet of Things (AWS), Machine Learning (AWS)
  1. Coding Teacher Academy (CTA). Program pelatihan bagi para guru yang mengajar bidang TIK pada SMK, SMA, SMALB, dan Madrasah Aliyah (Terbuka bagi Guru PNS dan Non PNS); dan
  1. Online Academy (OA). Program beasiswa pelatihan intensif yang terbuka bagi semua kalangan dan usia (kecuali disyaratkan khusus). Peserta dapat mengikuti pelatihan daring secara mudah, kapanpun dan dimanapun berada melalui perangkat gawai, tablet, maupun komputer.Di program ini boleh memilih salah satu keahlian diantaranya Cyber Operation (Cisco), CCNA Security (Cisco),  IT Essentials (Cisco), Digital Skills (Microsoft), Programming Essential in Python (Cisco), Artificial Intelligence (AWS), Big Data (AWS), Associate Cloud Engineering (Google), Mobile Android Programming (Google), Digital Policy  (LAN & Microsoft). Khusus Digital Policy diperuntukkan bagi ASN PKN PIM II.

Beasiswa ini dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo berkerja sama dengan 31 perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,  23 Politeknik  dan 4 perusahaan teknologi global antara lain AWS, Cisco, Google dan Microsoft.

Kementerian Kominfo juga menyiapkan kegiatan pascapelatihan bagi peserta program. Targetnya untuk mempertemukan keahlian yang dimiliki oleh talenta digital dengan peluang kerja dan usaha di berbagai perusahaan teknologi.

Masa pendaftaran program dimulai tanggal 20 April 2019 hingga 19 Mei 2019.  Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silakan akses https://digitalent.kominfo.go.id . Informasi lainnya dapat dilihat disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *