Galakkan Anti Hoax dan Ujaran Kebencian, RTIK Pasuruan Sosialisasikan Internet Sehat di SMP Al Mustaqim

Semakin maraknya kasus pelecehan, penghinaan di media sosial, siswa SMP Al Mustaqim Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan mengikuti Sosialisasi Internet Sehat dengan materi Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital. Pada hari Selasa, tanggal 04 September 2018 yang bertempat di Kelas IX Lantai 2 SMP Al Mustaqim. Acara diikuti sekitar 60 siswa siswi dari kelas VII, VIII dan IX. Acara sosialisasi tersebut di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah SMP Al Mustaqim Ibu Diana Irawati, S.Pd.I.

Dalam sambutannya Ibu Diana Irawati, S.Pd.I menaruh harapan besar dengan adanya acara Sosialisasi Internet Sehat ini para siswa mampu untuk lebih bijak dalam memanfaatkan smartphone dan internet agar terhindar dari perbuatan negatif yang selama ini sering terjadi khususnya dikalangan pelajar. Sehingga ke depan SMP Al Mustaqim bisa menjadi tolak ukur lembaga-lembaga pendidikan disekitarnya serta menjadi contoh yang baik untuk para pelajar yang lain dalam hal pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Sebelum acara sosialisasi dimulai, diawali ice breaking oleh Ketua Relawan TIK Pasuruan Kak Bahruddin yang akrab disapa dengan Kak Bro. Para siswa diajak untuk belajar sambil bermain, sehingga dalam penerimaan materi sosialisasi internet sehat bisa lebih santai dan dapat menerima materi dengan mudah.

Selanjutnya, Pemateri diisi oleh Kak Shela salah satu anggota Relawan TIK Bojonegoro yang sekaligus pengurus Relawan TIK Jawa Timur. Materi yang disampaikan Kak Shela,  sapaan akrab beliau, beliau menyampaikan bagaimana seorang siswa harus menjaga privasi di media sosial, memanfaatkan internet dengan cara baik dan benar serta mengetahui bahwa saat ini telah diberlakukan UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Oleh karena itu, beliau menambahkan para siswa diharapkan mulai belajar membuat status dan komentar yang baik di media sosial. Ingat kita semua diawasi oleh Cyber Troops. Khususnya di Pasuruan sudah banyak sekali kasus yang berkenaan dengan UU ITE dan sebagian besar pelakunya masih berstatus pelajar.

Di akhir sesi para siswa, guru bersama dengan Relawan TIK Pasuruan mendeklarasikan melawan dan Anti Ujaran Kebencian (Hate Speech) dan Anti Hoax. Serta ditutup dengan jargon SMP Al Mustaqim Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan.

Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan, Kepala Sekolah dan dewan Guru SMP Al Mustaqim yang telah memberikan kepercayaan kepada Relawan TIK Pasuruan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswinya tentang pentingnya penggunaan TIK yang benar dan berinternet yang sehat. Serta ucapan terima kasih kepada pimpinan ICT Watch dan SiBerkreasi yang telah memberikan dukungan sehingga acara Sosialisasi Internet Sehat berjalan dengan lancar. Mudah-mudahan ke depan bisa terus bersinergi sehingga mampu ciptakan masyarakat informasi yang cerdas, kreatif daan produktif dalam memanfaatkan TIK dan Internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *