Inspirasi Digital For Millenials MTs Ma’arif Durensewu Pandaan

RTIKPASURUAN.OR.ID, Pandaan – Ketua Relawan TIK Pasuruan Bahruddin mengingatkan generasi milenial bijak dalam menggunakan media sosial, terutama di tengah hiruk pikuk informasi saat ini. Menurutnya, masa depan anak-anak muda Indonesia saat ini berada di ‘jari-jari’ mereka dalam bermedia sosial.

Imbauan itu disampaikan dalam Inspirasi Digital For Millenilas dengan tema ‘Menjadi Millenials Cerdas di Era Digital’.

“Perlu diketahui oleh seluruh anak muda khususnya pelajar. Saat ini kalau harus memiliki profil dan positif lagi produktif, rekam jejak digital akan menjadi salah satu pertimbangan. Maka berhati-hatilah menggunakan jari-jari dalam bermedia sosial,” kata Bahruddin saat menyampaikan materi di MTs Ma’arif Durensewu Pandaan, Jum’at (11/10/2019).

Dia mencontohkan, para milenial banyak yang berurusan dengan hokum akibat kasus berita bohong atau hoaks. Sebab, unggahan mereka akan menjadi rekam jejak digital yang tak pernah terhapus secara utuh meski telah dihapus.

Melalui teknologi bernama Artifisial Intelligent System (AIS), semua riwayat atau rekam jejak digital per akun akan tetap terekam.

Kepala Madrasah MTs Ma’arif Durensewu Pandaan Ibu Hasanah pada setelah mengikuti materi dan nonton video inspirasi penggunaan media social yang kurang tepat memberikan arahan kepada peserta didiknya betapa pentingnya bijak dalam bermedia social agar cita-cita kita tidak terjegal akibat jari-jari kita dalam pemanfaatan teknologi.

“Dari video inspirasi yang sudah kita tonton bareng-bareng seseorang yang penuh dengan semangatnya mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, tetapi setelah di cek oleh instansi tersebut terdapat rekam jejak digital ini yang kurang positif akhirnya cita-citanya gagal. Kalau dari rekam jejak digital ini para millenials ditemukan terbiasa membuat atau mengeshare informasi hoaks dan ujaran kebencian maka dipastikan tidak akan diterima,” jelasnya.

Lebih lanjut Hasanah menuturkan “Kuncinya adalah untuk menjadi millenials yang cerdas, anak muda harus ‘bijak’ dalam bermedia sosial. Kalau kita kepengin masa depan jadi lebih baik, kalau care dengan masa depan, kita harus optimis, jangan apatis. Ayo Bijak Bermedia Sosial, karena jarimu harimaumu. Saya berterima kasih kepada Relawan TIK Pasuruan dan wartabromo.com telah sudi menggelar sosialisasi untuk peserta didik kami,” tutupnya. [saiful]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *