Karang Taruna “GARUDA” Dayurejo Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

RTIKPASURUAN.OR.ID, PASURUAN – Ada pemandangan yang tampak berbeda dari pemuda Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, yang biasanya malam Minggu dihabiskan untuk beraktivitas di warung kopi bahkan ada yang menghabiskan untuk nonton tv, kini pemuda desa tersebut mulai beranjak mempelajari dunia bisnis online.

Rokhim, sang promotor untuk menggerakkan pemuda karang taruna “GARUDA” desa setempat yang diketuai oleh Maliki mulai mengajak dan menyadarkan teman-temaan seorganisasinya tentang arti pentingnya belajar dunia teknologi. Terlebih perkembangan teknologi yang luar biasa dari tahun ke tahun membuat mas Rokhim yang dibantu Yusuf dan Ricki yang ikut andil untuk menginisiasi acara tersebut tak ingin melihat pemuda desa setempatnya ketinggalan zaman.

“Saya itu pengen pemuda karang taruna desa Dayurejo bisa mulai melek dunia bisnis online. Jadi gak cuma pergi ke tegalan atau rekreasi saja. Tapi mampu menghidupi dirinya sendiri dengan berbagai peluang melalui dunia online” kata Rokhim.

Kemudian ia mulai mengajak teman-temannya berwirausaha digital melalui sebuah workshop. Workshop Technopreneurship dengan tema “Pemuda Desa Siap Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 yang diadakan hari ini Sabtu (19/1/19) di balai desa Dayurejo. Acara tersebut diikuti sebanyak 20 peserta dari anggota Karang Taruna “GARUDA” Dayurejo.

Acara workshop tersebut di narasumberi oleh Bahruddin dari Relawan TIK Pasuruan yang memberikan materi seputar “Optimasi Media Sosial untuk Digital Marketing”. Seluruh peserta sangat tampak antusias. Materi yg disampaikan mulai dari cara menggunakan media sosial dengan bijak hingga cara memaksimalkan media sosial untuk mempromosikan produk/jasa agar laku dipasaran.

Ricki salah satu peserta memberikan motivasi untuk teman-temannya supaya bisa belajar bisnis online lebih serius. Tak lain tujuannya untuk melatih kemandirian pemuda desa serta menambah wawasan berteknologi lebih jauh.

“Saya sangat senang dengan pelatihan seperti ini, karena hal semacam ini bisa menjadi wawasan untuk kita. Agar seluruh pemuda bisa lebih giat dalam berorganisasi kalaulah dirinya sdh tidak sibuk dengan urusan kesehariannya karena sudah ada pemasukan. Apalagi di desa kita ini sudah disediakan spot wifi yang sudah difasilitasi oleh desa. Jadi tinggal bagaimana pemanfaatannya untuk pemberdayaan pemuda lewat internet ketika kita sedang kumpul ngopi bareng” Kata Ricki

Bahruddin selaku narasumber mengedukasi pemuda karang taruna desa Dayurejo mengenai kiat-kiat mengoptimalkan layanan media sosial. Diakhir acara, Hilal pun menyampaikan komitmennya bahwa akan mensupport lebih lanjut serta mengajari karang taruna “GARUDA” desa Dayurejo sampai bisa benar-benar menghasilkan produk dalam bidang pemberdayaan pemuda. Hal ini tentu disambut ceria seluruh peserta dan harapannya  supaya pemuda-pemuda desanya nanti bisa istiqomah belajar terus menerus dan mengajarkan ke adik adiknya suatu saat nanti. (Saiful)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *