Pemkab Pasuruan Resmi Launching Command Center

RTIKPASURUAN.OR.ID, Pasuruan – Pemerintah Kabupaten Pasuruan secara resmi launching command center bertepatan dengan Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 sekaligus ulang tahun Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti Jl. Alun-Alun Nomor 7 Pasuruan, Minggu (10/11/2019)

Launching tersebut ditandai dengan pemutaran video profil command center oleh Bupati Irsyad Yusuf, sekaligus penandatanganan prasasti, yang disaksikan Wakil Bupati Pasuruan, KH Abdul Mujib Imron; Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan; Sekda Agus Sutiadji, serta undangan lainnya yang terdiri dari ormas dan orpol.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad menjelaskan, command center alias pusat komando adalah sebuah ruangan pusat visualisasi dan integrasi data. Baik yang diperoleh melalui online, offline, internal maupun eksternal yang disajikan bersamaan di sebuah layar lebar video wall. Lokasinya berada di komplek Pendopo Kabupaten Pasuruan Persisnya di atasnya ruang Bagian Rumah Tangga.

Dilaunchingnya Command Center adalah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, akuntabel dan efektif yang berorientasi pada pelayanan public berkualitas. Apalagi Kabupaten Pasuruan terpilih menjadi salah satu daerah yang masuk dalam gerakan menuju 100 smart city di Indonesia, sehingga memiliki sebuah command center merupakan sebuah kebutuhan.

“Launching Command Center merupakan bagian dari sebuah kebutuhan, terutama merujuk pada Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Nah dari situ, kami berupaya keras untuk menghadirkan Command Center sebagai jawaban atas berbagai tantangan saat ini sebagai tindak lanjut dari enam dimensi tata kelola diantaranya Tata Kelola Cerdas, Pencitraan Cerdas, Masyarakat Cerdas, Ekonomi Cerdas, Hidup pintar dan Lingkungan Cerdas,” jelasnya.

“Titik fokusnya adalah pola pengintegrasian data yang berfungsi sebagai monitoring room. Sehingga eksistensinya diharapkan dapat mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Pasuruan agar lebih efetif,” tambah Saifudin.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf dalam sambutannya menyampaikan bahwa selain sebagai monitoring room (ruangan monitor), command center sangat membantu dalam mempermudah jalannya meeting dan koordinasi antar bidang; dan dapat membantu memastikan setiap keputusan penting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin, sesuai data yang ada.

“Command center sangat penting bagi kantor instansi pemerintahan maupun perusahaan-perusahaan yang memerlukan manajemen krisis. Jadi siap-siap saja untuk semua OPD, saya akan terus mengawasi seluruh kinerja melalui command center ini,” ucapnya.

Beruntung Relawan TIK Pasuruan menjadi bagian dari launching command center tersebut sehingga bisa gayung bersambut untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat perihal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang program pemerintah serta membangun masyarakat informatif. (bahru/**)

Peresmian dan Penanda tanganan launching command center

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *