Perangi Hoax dan Ujaran Kebencian, Ratusan Siswa MTs NU Al Kautsar Kutorejo Pandaan Ikuti Sosialisasi Internet Sehat

Dalam rangka mencegah dampak negatif internet, terutama maraknya berita hoax (bohong) dan ujaran kebencian yang menyebar. Serta kurangnya edukasi tentang UU ITE di kalangan pelajar, khususnya di Pasuruan. Akhir-akhir ini banyak bermunculan berita hoax yang eksistensinya kurang bisa dipertanggungjawabkan dan cenderung meresahkan.

Untuk mengantisipasi hal itu, Relawan TIK Pasuruan menggelar Sosialisasi Internet Sehat bertajuk “Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital” di aula Pondok Pesantren Al Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan, Jum’at 02 November 2018.

Acara sosialisasi yang diikuti oleh 170 siswa-siswi MTs NU Al Kautsar Dukuh Kutorejo Kecamatan Pandaan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya pemuda yang lebih spesifik lagi pelajar sebagai bagian dari masyarakat informasi Pasuruan.

Menurut Bu Dessy dalam sambutannya sebagai perwakilan dari Kepala Madrasah Ibu Hj. Nurul Wahidah, S.Ag., M.Pd.I, kegiatan ini sangatlah penting juga untuk mendorong dan memberikan pemahaman kepada siswa agar bijak dalam bermedia sosial, sehingga dapat memanfaatkan media dengan cerdas, kreatif, produktif, peduli dan peka terhadap arus informasi. Dinamika digital sudah sedemikian lengkap mewarnai kehidupan sehari-hari. Sehingga, acara kegiatan ini dirasa perlu sebagai sarana tabayun (mencari kebenaran).

Mengingat pengguna media sosial sebagian besar adalah dari kalangan pelajar 13-15 tahun bersumber dari hasil survei APJII Tahun 2018 memcapai 75,50%. Diharapkan peserta sosialisasi ini bisa lebih cerdas dan memberikan kontribusi positif supaya tidak banyak mendatangkan mudhorot (kerugian) atas prilaku bermedia sosial apalagi menjurus fitnah (adu domba) dan gibah (menggunjing).

Mari bersama-sama perangi hoax dan ujaran kebencian agar tercipta masyarakat informasi Pasuruan yang dapat memberikan manfaat serta menghasilkan konten-konten positif agar Pasuruan lebih maslahat dan berdaya saing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *