Tidak Mau Kalah dengan Generasi Milenial, Perangkat Desa Dayurejo Tekuni Belajar Microsoft Excel

RTIKPASURUAN.OR.ID, PASURUAN – Relawan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Pasuruan kembali menggelar pelatihan Microsoft Office excel lanjutan, di Balai Desa Dayurejo Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Kamis (14/03/2019).

Dikatakan Ketua Relawan TIK Pasuruan Bahruddin, kegiatan tersebut diikuti oleh 12 perangkat desa yang terdiri dari 6 Kepala Dusun, 3 Kaur dan 3 Kasi.  Pelatihan ini sebagai tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya yang membahas tentang dasar-dasar Microsoft Office Excel. Kali ini para Perangkat Desa Dayurejo sudah mulai utak atik formula di MS Excel untuk membuat rekap setoran pajak.

Diakui oleh salah satu Kepala Dusun Gutean Kasiman yang juga menjadi peserta pelatihan, kegiatan pelatihan Microsoft Office Excel tersebut  membantu dalam pengelolaan administrasi yang ada di dusun mulai dari pembuatan daftar hadir rapat dusun sampai dengan pembuatan rekap setoran pajak.

“Biasanya kami menyetor rekap pajak kepada kantor desa hanya berdasarkan tulisan tangan saja, namun saat ini setelah kami mengikuti beberapa tahapan pelatihan ini, kami bisa meyetor rekap pajak ke desa cukup dengan softcopy di flashdisc. Kalaupun ada rapat, untuk daftar hadir masih kami buat secara manual . Tapi sekarang sudah menggunakan print out yang kami praktekkan dari ilmu yang didapat dari pelatihan”. Tegasnya.

Wahono Singo Ponco Wibowo (SPW) Kepala Desa Dayurejo, kembali memberikan apresiasi positif untuk kegiatan ini. Perkembangan Tekonolgi Informasi dan Komunikasi harus juga diikuti oleh semua kalangan terkhusus untuk perangkat desa guna perbaikan pelayanan.

“Pelatihan ini sangatlah penting untuk keberlangsungan perbaikan dan percepatan pelayanan di desa. Karena bagaimanapun saat ini kita harus kita dituntut untuk bisa memanfaatkan TIK khususnya mengoperasikan komputer untuk pelayanan yang lebih cepat dan memuaskan.”tutupnya (Saiful A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *