Program Kerja Relawan TIK Pasuruan Tahun 2019

Internet Sehat Go To School

Era Digital adalah media baru yang menyediakan jaringan internet secara murah dan bisa di akses oleh semua kalangan khususnya pelajar. Mereka masih belum mampu memfilter kemajuan perkembangan internet yang begitu pesat untuk itu perlu adanya pendampingan melalui sosialisasi internet sehat “cerdas bermedia sosial di era digital”.

Digital Parenting

Digital parenting adalah pola pengasuhan orang tua disesuaikan dengan kebiasaan anak menggunakan gadget atau perangkat digital. Garis besar dalam digital parenting adalah memberikan batasan yang jelas kepada anak tentang hal-hal yang boleh maupun yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan gadget atau perangkat digital.

Sagu Sablog (Satu Guru Satu Blog)

Blog adalah sebagai sarana atau media pembelajaran, bahkan dapat digunakan sebagai e-learning. Manfaat yang akan didapat apabila tenaga pendidik mempunyai blog antara lain:

  1. Sebagai media sumber pembelajaran alternatif (e-learning) bagi peserta didik atau pengunjung blog yang tidak dibatasi oleh waktu dan tempat.
  2. Sebagai sarana komunikasi antara guru dengan siswa melalui dunia maya sehingga pembelajaran lebih luas atau menyeluruh.
  3. Sebagai sarana informasi atau pengumuman kepada siswa.

Media Pembelajaran Digital untuk Pendidikan

Pendidikan Digital merupakan konsep/cara memberikan pelajaran kepada siswa/i dengan menggunakan media multimedia antara lain menggunakan bantuan komputer, video, Audio dan visual. Cara belajarnya cukup unik, dimana siswa di beri kesempatan untuk ber-interaksi, berkreasi. Dengan demikian siswa sangat menyukai pelajaran yang di terimanya.Selain itu siswa/i juga dapat belajar di rumah dengan membawakan materi pelajaran yang diberikan oleh seorang guru berupa e-learning dalam bentuk yang interaktif.

Branding Sekolah di Era Digital

Brand alias merek bagi sekolah bukan sekedar nama dan lokasi melainkan sebuah identitas untuk dikenal dan dapat dibedakan mutu pelayanannya dari sekolah lain. Karena itu sekolah harus mampu menampilkan proses pelayanan pendidikan melalui atribut kegiatan belajar mengajar yang unik, meliputi mutu KBM, kepuasan belajar siswa, prestasi siswa dan mutu out come). Sekolah juga mampu memberi kesan yang mendalam kepada siswa dan masyarakat tentang manfaat  bersekolah ditempat anda. Siswa dan masyarakat mendapatkan “value” bersekolah  (brand value ), bukan hanya akademik, namun juga daya saing dan akhlak mulia.

UMKM Go Online

Menjawab kerisauan pelaku UMKM menghadapi era industri 4.0 yang sudah didepan mata dan tidak bisa dihindari lagi maka perlu adanya persiapan yang matang bagi para pelaku UMKM serta mengikuti era yang berkembang saat ini, sehingga ke depan UMKM tidak lagi hanya berkutat pada sistem konvensional tapi sudah ke arah penjualan atau pemesaran digital.

Desain Grafis Untuk Bisnis Online

Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan.

Personal Branding

Di era dunia digital seperti sekarang ini banyak sekali sosial media yang bermunculan. Bagi orang-orang yang memposisikan sosial media sebagai hal yang penting agar melalui media sosial orang-orang banyak bisa mengenali dan dapat mengetahui passion yang dimiliki, hal ini dapat mempermudah Anda untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki kesukaan yang sama dengan Anda.

Desa Siap Online

Desa mandiri dan berdaya saing secara ekonomi maupun secara sumberdaya manusia itu harapan bagi setiap pemerintah desa. Salah satu cara yang tepat untuk mengangkat potensi desa di era saat ini yaitu dengan memanfaatkan Internet. Bagaimana cara desa memberdayakan potensi yang ada untuk mengangkat branding desa ke ranah digital agar lebih dikenal lebih luas dan cepat bagi masyarakat. Harapannya dengan semakin dikenalnya potensi desa beserta segala sumberdaya yang ada, ujuan desa mandiri dan berdaulat mensejahterakan warganya semakin mudah tercapai dengan bantuan branding desa di era digital ini.

Literasi Digital Santri 4.0

Literasi digital adalah sikap dalam penggunaan teknologi digital dan alat komunikasi. Literasi digital bertujuan untuk memberikan wawasan dalam mengakses, mengelola, mengevaluasi informasi, serta berkomunikasi yang baik dalam dunia digital. Literasi digital bagi santri dapat menjadi solusi dalam menekan laju arus informasi yang mengandung kebohongan maupun ujaran kebencian.8

Siberpedia : Cara Aman Berselancar di Dunia Maya

Kehadiran teknologi internet di abad modern berdampak besar bagi kemajuan peradaban manusia. Hanya dari depan komputer dan meng-klik mouse saja, seseorang bisa menemukan segala macam pengetahuan, baik yang sifatnya lokal maupun internasional.

Selain bermanfaat untuk menggali informasi, internet juga berguna sebagai sarana atau media hiburan bagi penggunanya seperti untuk mendengarkan lagu secara online, menonton video, melakukan chatting dengan teman baru, serta bermain game online.

Technopreneurship

Technopreneurship adalah sebuah inkubator bisnis berbasis teknologi, yang memiliki wawasan untuk menumbuh-kembangkan jiwa kewirausahaan di kalangan generasi muda, khususnya mahasiswa sebagai peserta didik dan merupakan salah satu strategi terobosan baru untuk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat ( +/- 45 Juta orang). Dengan menjadi seorang usahawan terdidik, generasi muda, khususnya mahasiswa akan berperan sebagai salah satu motor penggerak perekonomian melalui penciptaan lapangan-lapangan kerja baru. Semoga dengan munculnya generasi technopreneurship dapat memberikan solusi atas permasalahan jumlah pengangguran intelektual yang ada saat ini. Selain itu juga bisa menjadi arena untuk meningkatkan kualitas SDM dalam penguasaan IPTEK, sehingga kita bisa mempersiapkan tenaga handal ditengah kompetisi global.

Infografis di Era Digital

Menyampaikan informasi secara visual juga sudah dikenal sejak lama, seperti pada zaman manusia purba dimana banyak terdapat lukisan di dalam gua yang menggambarkan suatu kejadian. Penliti mengatakan bahwa penyampaian informasi secara visual memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan teks, karena manusia dapat jauh lebih cepat menangkap informasi yang disampaikan. Salah satu alasannya adalah informasi yang ditangkap secara visual akan diproses sekaligus oleh otak, berbeda dengan informasi yang disampaikan via teks, dimana informasi akan diproses secara linear (dari awal kalimat hingga ke ujung kalimat).

Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Pada era dimana informasi sangat membludak, para audience memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk memahami maupun membaca informasi yang disampaikan.

3 tanggapan untuk “Program Kerja Relawan TIK Pasuruan Tahun 2019

    • 9 Juli 2019 pada 6:11 pm
      Permalink

      Siap wa mohon saran dan bimbingan agar RTIK Pasuruan bisa konsisten dalam berkarya

      Balas
  • 9 Juli 2019 pada 5:59 pm
    Permalink

    mantap rtik pasuruan….mengabdi untuk bangsa dan negara….lanjutkan…!!!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *