Puluhan Siswa SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Antusias Ikut Sosialisasi Internet Sehat

RTIKPASURUAN.OR.ID, SUKOREJO – Sebanyak 60 siswa SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Kecamatan Sukorejo, antusias mengikuti kegiatan sosialisasi internet sehat dengan tema “Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital”. Kegiatan yang diinisiasi Relawan TIK Pasuruan tersebut, diadakan di Aula SMK Miftahul Ulum Tanjungarum Kecamatan Sukorejo.

Ketua Relawan TIK Pasuruan, Bahruddin menuturkan, sosialisasi internet sehat sering diberikan kepada siswa. Tujuannya, agar para pelajar dapat menfaatkan internet secara positif dan produktif.

“Sosialisasi ini untuk menghindari hal-hal negatif dari internet. Kalau kita tidak memberikan sosialisasi, kita khawatir anak-anak salah menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak produktif,” tuturnya, Rabu (19/06/19).

Lebih lanjut, ucap Bahruddin, saat sosialisasi diberikan berbagai informasi seputar pemanfaatan internet secara sehat. Di samping itu, para siswa juga diberikan pengetahuan tentang ancaman pada saat berselancar di dunia maya diantaranya, kecanduan gadget, cyber bullying, pelanggaran privasi, predator/pedofil online, penipuan online, disinformasi dan lain-lain.

“Para siswa harus memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup tentang literasi digital sehingga tidak mudah terbawa arus era milenial. Dimana siswa harus bisa membedakan mana berita yang hoax atau bukan. Tidak mudah menyebarkan berita yang mengandung unsur ujaran kebencian agar terhindar dari ancaman Undang – Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Tahun 2008,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan SMK Miftahul Ulum Tanjungarum, Ibu Henny Taslima menyambut positif kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting diberikan kepada para siswa karena perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tidak hanya memiliki dampak positif, tetapi juga dampak negatif.

“Para siswa yang hadir adalah kelas sepuluh dan sebelas yang hampir setiap hari menggunakan internet. Makanya kita ingin anak-anak mendapatkan edukasi internet sehat, apalagi usia mereka sangat rentan sekali dengan berbagai pengaruh,” katanya.

Ucapan terima kasih kepada media partner Relawan TIK Pasuruan wartabromo.com yang telah mensupport kegiatan tersebut. Semoga tetap bisa bersinergi untuk bersama-sama membangun masyarakat informasi Pasuruan. (Saiful)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *