RTIK Pasuruan Gelar Sosialisasi Internet Sehat

Pandaan – Relawan TIK Pasuruan menggelar kegiatan sosialisasi internet sehat dengan tema “Cerdas Bermedia Sosial di Era Digital”. Kegiatan ini diikuti oleh 87 siswa Madrasah Aliyah Al Kautsar Dukuh Kutorejo Pandaan dan bertempat di salah satu ruang kelas MA Al Kautsar Kamis, (13/12/2018).

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti dengan khitmad oleh seluruh peserta sosialisiasi. Dilanjutkan sambutan Kepala Madrasah Aliyah Al Kauutsar yang diwakili oleh Bapak Zainudin sekaligus membuka acara secara resmi kegiatan Sosialisasi Internet Sehat tersebut.

Dalam sambutanya, beliau menuturkan bahwa teknologi adalah suatu cara bagi pengguna media untuk mengkomunikasikan hal yang ingin mereka sampaikan kepada orang lain. Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang Pendidikan. Dengan teknologi internet, siswa dapat mencari literatur bidang keilmuan apapun. Beliau menegaskan untuk mencari materi mata pelajaran tertentu mereka dapat mengakses dengan mudah tanpa harus membeli buku.

Beliau juga menerangkan, Para siswa yang duduk dibangku sekolah dapat terbantu dengan adanya internet. Dalam mengerjakan tugas sekolah, para siswa mencari bahan tugas makalahnya di internet. Dengan adanya pelajaran teknologi informasi dan komunikasi di sekolah, para siswa dapat belajar dan memanfaatkan TIK dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat TIK lainya dalam bidang e-education juga ada, kita sudah mengenal program internet goes to school, dll.

 “Menyadari perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat tanpa mengenal batas, ruang dan waktu sudah barang tentu membawa perubahan dan dampak terhadap kehidupan manusia secara positif. Maka kita harus mampu memilih mana yang positif dan bermanfaat maka perlu ditiru, sedangkan yang negatif wajib kita tinggalkan,” Jelasnya.

Sementara itu, ketua Relawan TIK Pasuruan yang akrab disapa Mas Bro sebagai pemateri sosialisasi tersebut menambahkan, tujuan Sosialisasi ini agar para siswa lebih cerdas memanfaatkan internet dan lebih bijak dalam mengoperasikan media sosial agar terhindar dari jeratan UU ITE 2008 yang sudah banyak terjadi, khususnya di Pasuruan. Dia juga Mengajak para siswa untuk mengkampanyekan internet sehat dan mendeklarasikan anti hoax dan ujaran kebencian sebagai penutup acara sosialisasi internet sehat tersebut. “Generasi muda di era milenial ini harus lebih bijak menyikapi maraknya berita hoax serta menekankan untuk berhati-hati dalam berstatus di media sosial karena statusmu harimaumu,”tambahnya. (Saiful A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *