SMP Anak Bangsa Cerdas Pandaan Gunakan Momentum Sumpah Pemuda Untuk Kampanye Anti Hoax

Momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018 ini, dengan tema “Dari Pemuda Membangun Negeri”, yang harus diimplementasikan oleh generasi muda milenial saat ini. generasi muda sebagai pelopor perubahan dan pemersatu bangsa apalagi di era  milenial harus mampu menyikapi dengan bijak dalam menggunakan media sosial yang sering menyebarkan informasi hoax, yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

Untuk mengalokasikan peran pemuda yang demikian setrategis sebagai agent of change dalam membangun negeri, hari ini Senin tanggal 29 Oktober 2018 SMP ABC (Anak Bangsa Cerdas) Pandaan dengan 82 siswanya memaknai momentum sumpah pemuda tahun ini dengan memberikan pemahaman kepada siswanya tentang cara bijak berinternet dan kampanye anti hoax.

Ibu Tri widayati, S. S Kepala Sekolah SMP Anak Bangsa Cerdas dalam sambutannya megutip kalimat penuh arti dan  motovasi dari Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Beliau berharap kalimat di atas dapat diimplementasikan oleh seluruh siswanya serta menjadi inspirasi bagi sekolah sekitarnya khusunya dalam hal paradigma pemanfaat media sosial untuk perubahan yang positif. Apalagi saat ini lagi gencarnya pemberitaan bohong atau hoax, beliau tidak ingin meraka ikut terjerumus dalam lingkaran hoax itu.

Pada prinsipnya, para pelajar harus bisa menerima informasi dengan cerdas dan memerangi berita hoax. Berita hoax sangatlah berbahaya jika tidak dihadapi dengan cerdas. Anak-anak muda  saat ini sudah semakin cerdas dalam menerima informasi, tentu harus diverifikasi terlebih dahulu dan berasal dari sumber yang terpercaya, jika tidak maka jangan sampai menyerbarluaskan informasi yang belum tentu kebenarannya.

Harapan besar kedepan, kita tidak lagi mudah termanipulasi oleh informasi hoax yang beredar di media sosial, tidak mudah terprovokasi, kita semua bisa lebih cerdas, bisa lebih kritis dan bijak terhadap informasi yang kita terima. Untuk itu melalui momentum sumpah pemuda ini mari kita mengkampanyekan persatuan untuk memerangi hoax dan ujaran kebencian.

2 tanggapan untuk “SMP Anak Bangsa Cerdas Pandaan Gunakan Momentum Sumpah Pemuda Untuk Kampanye Anti Hoax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *