Tantangan Mendidik Anak di Era Digital

RTIKPASURUAN.OR.ID, PASURUAN – Perkembangan teknologi memberikan efek tersendiri bagi kehidupan manusia. Kemudahan dalam mengakses informasi bisa dirasakan siapa saja, tak terkecuali oleh anak-anak. Pola asuh orang tua zaman dahulu tentu akan berbeda dengan orang tua zaman sekarang.

Melihat hal tersebut, Relawan TIK Pasuruan bekerja sama dengan MI Sabilul Muttaqin Kemiri Pakukerto Kec. Sukorejo menyelenggarakan seminar parenting. Seminar yang mengusung tema Digital Parenting ini bertujuan untuk memberitahukan kepada orang tua bagaimana mengedukasi anak di abad ke-21.

Digital Parenting dalam momen pembagian rapor semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 ini, Kepala MI Sabilul Muttaqin Kemiri Pakukerto Kec. Sukorejo Bapak Usman Ali, S.PdI memberikan sambutan dan membuka acara sec ara resmi di depan 95 orang wali murid , Sabtu (5/1/2019).

“Kita lihat sekarang anak -anak susah lepas dari gadget, apa-apa serba teknologi. Jadi kami mau edukasi orangtuanya agar mengetahui batasan screen time (waktu bermain gadget) yang baik untuk  anak. Serta, bagaimana pengaruh digital terhadap anak,” ujar Pak Usman Ali.

“Pola asuh anak zaman kita dulu dan sekarang itu jauh berbeda. Sekarang kita maunya instan, sedangkan zaman kita dulu mau ngapain pun perlu kerja keras. Sekarang anak rewel kita maunya instan. Tinggal kasih gadget, selesai. Padahal sebenarnya banyak hal yang bisa kita lakukan. Di seminar ini, kita diajar bagaimana sih mengedukasi anak tapi tidak dengan cara yang instan, itu yang banyak ibu-ibu zaman sekarang tidak tahu,” katanya.

Diakhir sambutannya, beliau mengajak kepada seluruh wali murid untuk terus mengawasi putra putrinya dalam memanfaatkan teknologi.  Agar daya belajar dan peringkat tidak menurun karena tidak terganggu dengan asyiknya berm ain gadget. Bahru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *