berita

Relawan TIK Kab Pasuruan,guncang Desa Cendono Purwosari Pasuruandengan Sharing bisnis Ekspor bareng Alibaba Indonesia

Relawan TIK Kab Pasuruan mengguncang Desa Cendono dengan kegiatan sharing bisnis eksport. Nara Sumber langsung dari pihak konsultan alibaba Indonesia, dan di ikuti 30 peserta dari beberapa daerah. Peserta sangat antusias dan aktif tanya jawab sampai waktunya selesai. Acara berlangsung kemaren (8/8/2023) di Balai Desa Cendono Purwosari Pasuruan.

Konsultan Alibaba Indonesia Pornomo Wijaya Susanto, SE, mengatakan sangat bahagia, merasa terhormat bisa hadir di Desa Cendono Purwosari dan bersyukur bisa kenal dengan RTIK Kab Pasuruan, sehingga acara sharing Eksport bisa terlaksana. Ia pun berharap, produk unggulan atau warga desa Cendono bisa menghasilkan produk yang bisa tembus pasar Internasional.
“Saya berharap pertemuan ini, sebagai awal kita perkenalan, dan kedepannya kita bisa lebih serius lagi mendalami sistem penjualan di luar negeri”, kata Poernomo sapaan akrabnya dengan kaos warna hitam.

Ketua Relawan TIK Kab Pasuruan M Imron Rosadi, S KOM, M Kom, sekaligus kaprodi Informatika Universitas Yudharta Pasuruan , menjabarkan bahwa RTIK Kab Pasuruan selalu aktif mensuport desa, sekolah, komunitas dan lainnya untuk kemajuan. Siap pendampingan Desa untuk arah Teknologi, perkembangan desa mulai dari surat menyurat dan lain sebagainya. Tak lupa juga Imron sapaan akrabnya, mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Cendono Sanari, yang sudah mengijinkan kegiatan berlangsung.

Kepala Desa Cendono Sanari, mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasih kepada Relawan TIK Kab Pasuruan mempercayakan Desa Cendono sebagai tempat sharing bisnis eksport. “Saya berharap dengan acara ini, produk- produk desa Cendono bisa dikenal luas dan bisa eksport”, ungkap Sanari dengan Kostum Cokelat pakaian Dinas.

Kegiatan workshop rencana selesai pukul 12.00, “molor” 1 jam sampai pukul 13.00 wib karena semangat antusias peserta tanya jawab hingga tak terasa melebihi dari jam yang sudah ditentukan. Aspirin, salah satu guru MTS di Cendono, aktif menanyakan tentang hal-hal yang ada di website alibaba, hingga bagaimana sistem pendaftarannya.

Dion Salah satu seniman Cendono yang bergerak di lukisan ikut aktif juga dalam bertanya. “Bagaimana sistem penjualan lukisan dan peluangnya di Alibaba. Karena saya belum memiliki ijin usaha, dan saya tidak bisa “ngomong” bahasa inggris”, kata Dion dengan senyum sambil memegang kertas lukis. Sontak mendapat tepuk tangan meriah dari peserta lainnya. Dengan Sabar dan telaten Poernomo dengan khas kaca mata putih menjawab setiap pertanyaan dari peserta.